Ramadhan dan Idul Fitri di Edwardsville, Amerika Serikat 2012

Minal Aidzin Wal Faidzin (Mohon Maaf Lahir dan Bathin) 2012.

Pengalaman Ramadhan kali ini cukup berbeda dengan pengalaman Ramadhan yang biasanya saya alami sewaktu saya tinggal di Indonesia. Biasanya, saya pergi ke Mesjid Al-Hidayah yang lokasinya berada persis di dekat rumah, yakni hanya berjarak sekitar 50 meter saja. Cukup dengan jalan kaki, sampai menuju ke Mesjid. Postingan kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai hal-hal baru atau hal-hal lumrah yang saya jumpai dan alami selama bulan Ramadhan di kota Edwardsville, Illinois, terutama sekali selama berada di kampus Southern Illinois University Edwardsville.

Hal pertama yang saya alami adalah menjalani puasa dengan rentang waktu yang lebih lama daripada biasanya. Ketika saya tinggal di kota Padang, saya terbiasa berpuasa mulai pukul 5 pagi hingga jam 6 sore (kira-kira, rentang waktu ini selama 13 jam). Di Edwardsville, saya berpuasa dari pukul 4 dini hari hingga pukul 8 malam (dengan rentang waktu sekitar 16 jam). Yang jauh berbeda dari biasanya adalah jam 3 pagi, kadang saya bangun untuk memasak. Itupun kalau tidak letih, kadang saya memasak dua porsi pada sore hari agar sambalnya bisa digunakan untuk sahur. (Maklumlah, hidup membujang di negara orang memang harus bisa masak sendiri). Meskipun rentang waktu berpuasa lebih lama dari biasanya, alhamdulillah, puasa bisa saya jalani dengan baik. Bila banyak kegiatan dan sibuk, puasa jadi tidak begitu terasa. Namun, pada awalnya memang agak sulit, karena puasa kali ini bertepatan dengan musim Panas, di mana suhu dan tingkat kelembapan udara sangat tinggi. Tidak jauh berbeda memang dengan kota Padang kalau untuk suhu. Yang membuat rasa panasnya berbeda adalah panas di sini terasa seperti lengket di kulit. Ibaratnya, kita seperti berada di ruang yang panas tapi pengap dan kalau pun berkeringat, keringatnya kurang bisa menguap. Setelah beberapa hari dijalani, puasa selama bulan Summer bisa dilalui dengan baik.

Kalau untuk sahur memasak, lalu bagaimana dengan berbuka puasa? Alhamdulillah, di kampus saya ada organisasi yang namanya Muslim Students Association of Southern Illinois University Edwardsville. Mahasiswa yang ikut organisasi ini, sesuai dengan namanya, adalah mahasiswa Muslims. Anda mungkin bisa menebak mereka dari negara mana. Ya, sebagian dari mereka berasal dari negara Pakistan, India, Bangladesh, Amerika Serikat (tidak banyak), dan Indonesia (saya sendiri, kebetulan rekan sesama Indonesia sudah pindah ke luar kota). Kelebihan dari berteman dengan rekan-rekan dari negara ini adalah mereka sangat respon terhadap teman yang minta tolong. Jadi, setelah saya menyelesaikan satu term untuk Summer (alhamdulillah, dengan hasil sangat baik – berkah Ramadhan), saya dan beberapa rekan pergi bersama ke Masjid untuk melaksanakan berbuka puasa, shalat Maghrib, shalat Isya, shalat Tarawih dan Witir bersama. Kebetulan saya tidak punya mobil, maka saya minta tolong sama mereka untuk mengantarkan. Mereka begitu ikhlas, hingga akhirnya saya bisa penuh shalat Tarawih dan Witir di Masjid, meskipun pada awal-awal bulan Ramadhan tidak bisa karena ada kuliah malam. Oh ya, untuk makanan berbuka puasa, saya mencicipi makanan yang enak ala India dan Pakistan. Salah satunya bernama Gulap Jamun. Makanan ini berbentuk bola, tapi sangat enak. Kegiatan ini, alhamdulillah, penuh dijalani selama sebulan penuh. Hingga akhirnya, pada tanggal 19 Agustus 2012, saya dan rekan-rekan di organisasi ini pergi ke Masjid di Belleville, Illinois, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

Berkah Ramadhan kali ini adalah saya bisa menyelesaikan Summer term dengan baik, bisa memenuhi panggilan shalat dan berbuka puasa di Masjid dengan khidmat dan penuh syukur, bisa bersilaturahmi dengan saudara Muslim lainnya yang berasal dari negara lain, dan tentunya bisa mencicipi makanan lezat dari negara lain. Di samping itu, yang tidak kalah serunya adalah pengalaman pada saat berpuasa di mana orang-orang di sekeliling bersantap ria. Masih ingat saya pada kesempatan di mana saya diundang pada sebuah pesta. Pada saat saya menerima sebuah gelas jus dan sepiring kecil kue coklat, saya hanya bisa menenteng-nentengnya saja. Hingga akhirnya semua orang yang ada di pesta tersebut melirik ke saya. Setelah saya menjelaskan bahwa saya seorang Muslim dan saya sedang berpuasa, mereka pun akhirnya mengerti, meski pada awalnya cukup seru karena sebagian menunggu-nunggu waktu saya berbuka puasa, hingga akhirnya semua makanan pun dihidangkan. Saya jadi merasa terhormat waktu itu. Kenapa? Masak karena saya puasa pula semua makanan belum dihindangkan, padahal waktu itu cuma saya seorang yang berpuasa. Hikmah yang bisa dipetik di sini adalah rasa segan itu ada pada semua orang, meskipun berbeda budaya dan bahasa. Sebaik-baik bahasa adalah sikap dan tingkah laku yang sopan dan santun terhadap sesama. Alhamdulillah, Ramadhan kali ini terasa damai dan tenang, meski tidak dihiasi dengan takbiran atau ke-heboh-an pada waktu malam menjelang Idul Fitri.

Jika ada niat yang kuat, insya Allah, rintangan akan bisa terlewati.  Iman itu terletak pada niat, dan ditekadkan melalui perbuatan.

————–

Teruntuk mama dan papa serta adik-adikku tercinta, rekan-rekan dan teman sepergaulan di Indonesia, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Selamat Idul Fitri 1433 Hijriah. Minal Adizin Wal Faidzin.

2 thoughts on “Ramadhan dan Idul Fitri di Edwardsville, Amerika Serikat 2012

  1. Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just
    too magnificent. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you’re saying and
    the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to
    keep it smart. I can not wait to read much more from
    you. This is actually a terrific web site.

Comments or Feedback? Tanggapan Anda?

