Tips Mengatasi Stres

Tips Mengatasi Stress

Oleh: Syayid Sandi Sukandi

(Tulisan ini dipublikasikan di koran Supel, pada tahun 2002).

Dipublikasikan kembali ke blog The Silent Corner pada tahun 2011.

Tentu kita pernah mengalami stres. Apalagi ketika sedang dilanda masalah, stres datang tanpa diundang. Jika tidak segera diatasi akibatnya akan bisa berbahaya. Kalau dilihat dari segi arti katanya, stres artinya “dalam keadaan menurun”. Kalau dihubungkan dengan manusia maka artinya “kondisi alam pikiran dan tubuh yang sedang menurun”. Menurunnya alam pikiran dan kondisi tubuh dipengaruhi beberapa faktor. Tapi kita nggak akan bicarakan faktor stres, tapi bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, kendalikan keinginan.

Karena stres ada akibat kamu nggak bisa mengendalikan keinginan yang berlebihan. Misalnya aja, setelah kita belajar mati-matian dan inginnya dapat nilai bagus. Tapi ternyata hasil yang didapat tidak sesuai dengan keinginan kita itu (wah stres kan). Untuk masalah ini nggak perlu stres. Kamu atasi dengan cara mengevaluasi pola belajar, jangan-jangan ada yang salah. Luaskan pergaulan, kalau perlu buat aktifitas baru. Otak kiri memang perlu diasah tapi otak kanan juga perlu. Keduanya harus dioptimalkan secara seimbang agar fungsi otak berkembang sebagaimana mestinya.

Ke dua, kenali kemampuan dan potensi diri.

Perasaan kita akan terasa lebih ringan dan bahagia jika mengetahui dan mengingat bahwa kita bisa membuat hidup lebih berarti dengan melakukan sesuatu yang berguna. Setiap orang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Potensi didapat menjadi dua. Pertama potensi intern, maksudnya bakat alami yang sudah ada semenjak lahir. Misalnya, kepandaian berhitung, kecakapan berbicara, kemampuan intuitif dan lain sebagainya. Kedua, potensi ekstern maksudnya bakat yang muncul karena adanya pengaruh dari luar. Misalnya, kepandaian main bola basket, kekreatifan merancang busana muslim dan kemampuan berorganisasi dengan diplomatis. Kedua potensi ini ada dalam diri kita masing-masing. Sekarang tergantung bagaimana kita mengetahui dan mengembangkannya.

Ke tiga, berpikirlah positif.

Peribahasa Cina mengatakan “lebih baik menyalakan lilin daripada mencari kegelapan”. Ketika stres kita cenderung banyak berpikiran negatif; misalnya rasa tidak berdaya, rasa disingkirkan, rasa tidak disayangi, rasa tidak punya harapan dan sebagainya. Bentuk berpikir positif misalnya bertanya pada diri sendiri. Apa kekuatan saya, apa bakat dan kemampuan saya. Dan jangan lupa tanyakan juga apa yang dapat diambil dalam menghadapi kesulitan hidup. Yang perlu diingat, berhentilah mencari kesalahan orang lain dan menyalahkan diri sendiri. Mulailah buat perubahan diri, nggak usah terlarut dalam pikiran yang sifatnya negatif.

Ke empat, ekspresikanlah kegundahan, kekhawatiran, kesedihan, kegalauan hati dalam berbagai bentuk.

Bisa dengan bicara dengan orang lain, menulis, bersenandung, tertawa, menangis dan sebagainya. Satu hal yang paling baik adalah menjalin persahabatan dengan orang lain. Dengan persahabatan, kita bisa memperoleh tempat mencurahkan dan mendiskusikan berbagai kesukaran hidup, istilah tenarnya “Curhat”.

Ke lima, meningkatkan keimanan.

Iman merupakan makanan jiwa yang menjadikan seseorang tangguh mengalami berbagai gejolak hidup. Kita semua memiliki unsur penting yaitu fisik, akal dan ruh. Ketiga unsur ini perlu diberi makanan agar tetap hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik. Unsur fisik makanannya adalah semua yang kita makan dan minum. Makanan unsur akal adalah ilmu pengetahuan sedangkan unsur ruh makanannya adalah iman. Jika ruh tidak diberi makan maka akan mempengaruhi akal dan fisik.

10 thoughts on “Tips Mengatasi Stres

  1. Iya, maaf pak. Itu ketinggalan kata “pak” nya dibelakang pak…
    Tadinya mau ngetik ulang, tapi gak jadi…🙂
    Begini nih jadinya saya kalo pake bahasa minang pak, kesannya “kasar”😦

Comments or Feedback? Tanggapan Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s